Curug Cigamea merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Tepatnya berada di di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor dengan koordinat GPS S6.694529 – E106.685690 (sumber : navigasi.net). Sebenernya ada beberapa curug lain yang ada di sekitar kawasan Salak Endah ini seperti curug Nangka, Luhur, Cihurang, Ngumpet, dan Sewu)

Saya berkesempatan mengunjungi curug ini bersama dengan para member Abadi Group. Hujan deras mengiringi kepergian kami dan elf yang kami tumpangi tidak mampu menahan gempuran air hujan sehingga tetesan air hujan setia menemani perjalanan kami di dalam tol dalam kota. Masuk kawasan Bogor cuaca sudah cukup bersahabat. Meski mendung tapi tanda-tanda hujan tidak nampak.

Signal HP yang putus nyambung dan membuat GPS tidak berdaya ditambah beberapa dari kami yang sudah pernah ke lokasi tetapi ternyata naik motor dari Jakarta membuat kami semua bingung menentukan arah lokasi tujuan. Setelah sempat berputar-putar dan tanya menanya, kami akhirnya tiba di pintu masuk Kawasan Gunung Halimun. Melewati Curug – curug yang lain barulah kami sampai di lokasi parkir Curug Cigamea. Dari lapangan parkir kami harus berjalan kaki sejauh 350 mtr atau bisa dipersingkat dengan menaiki flying fox yang harus ditebus dengan kocek sebesar Rp. 20.000, –

Air terjun Cigamea sendiri memiliki 2 air terjun yang letaknya hanya bersebelahan. Pendapat pribadi saya mengenai air terjun ini adalah kurang begitu indah bila dibandingkan dengan curug yang pernah saya kunjungi yaitu curug Cilember, Curug Cibeureum, Sindang Gila, dan Curug Cikaso. Akan tetapi kalau dibandingkan dengan Curug Ngumpet yang berada di dalam satu kawasan Salak Endah tentu lebih indah Curug Cigamea.

Baca juga :   Mendaki Dempo? Tanam Pohon Dulu

Flare