Membuat Parodinal & Fixer Hypo

Parodinal merupakan solusi murah meriah muntah untuk mencuci film BW. Dengan bahan baku paracetamol yang dicampurkan dengan sodium hydroxide (baca: soda api) dan sodium sulphite. Ketiga bahan tersebut tentu dengan mudahnya didapatkan baik dari apotek maupun toko kimia terdekat di kota anda. Untuk komposisinya sendiri, saya menggunakan kalkulator rodinal.

Dari gambar di samping, saya mencoba untuk membuat developer Parodinal sebanyak 200ml..  agar % of target mencapai/mendekati 100%, maka saya memasukan nilai Paracetamol 15,12 gr, Sodium Hydroxide 12,8 gr, dan Sodium Sulphite 39,83 gr. Bila ingin membuat developer Parodinal 250ml? tinggal masukan saja angka tersebut di Volume to be generated. (250ml: PTC 18,9gr, Hydroxide 16,1gr, Sulphite 49,8gr)

Di sini saya menggunakan Paracetamol  tablet sebanyak 60 butir dengan dosis 500mg. Setelah Paracetamol dihancurkan menjadi bubuk, campurkan dengan spritus (yang warna putih) aduk hingga rata. Setelah itu tuang cairan ke wadah lain dan buang endapan yang timbul. Cairan tersebut didiamkan hingga lama-lama menjadi kristal. Bila tidak sabar menunggu proses pengkristalan, cairannya dimasak hingga meninggalkan serbuk putih. Serbuk putih itulah Paracetamol murni yang akan dipakai untuk membuat Developer Parodinal.

 

 

Proses Pembuatan Developer Parodinal 250ml: (Proses ini harus menggunakan sarung tangan latex karena sifatnya korosif, bila perlu gunakan masker)

  • Pada gelas A, isi air biasa sebanyak 125ml  kemudian masukan 49,8gr Sodium Sulphite, aduk hingga rata
  • Pada gelas B, isi air panas sebanyak 125ml kemudian masukan 18,9gr Paracetamol, aduk hingga rata lalu diamkan hingga dingin
  • Setelah dingin, masukan Sodium Hydroxide 16,1 gr ke dalam gelas B, aduk hingga rata (jangan lupa pakai sarung tangan)
  • Masukan cairan di gelas B ke dalam botol (dalam hal ini, saya menggunakan botol rootbeer)
  • Masukan juga cairan yang ada di gelas A ke dalam botol
  • Tutup botol dan kocok hingga semua larutan bercampur
  • Simpan di tempat aman, terhindar dari sinar Matahari (jangan di kulkas, nanti ada yang minum)
  • Setelah 72 jam, developer Parodinal siap digunakan
Baca juga :   Hasil Test Parodinal

Fixer Hypo. Formula untuk membuat Fixer Hypo saya dapatkan dengan membaca postingan lama om Galuh di web lensa manual. Untuk membuat Fixer Hypo sebanyak 1 liter:

250gr Sodium Thiosulfate dicampur dengan air biasa sebanyak 750ml dengan cara diaduk hingga larut. Tambahkan 50gr Sodium Sulphite lalu aduk hingga larut. Bila sudah tambahkan saja air hingga mencapai 1 liter. Fixer Hypo bisa langsung digunakan saat itu juga.

Waktu Fixing. Percobaan, celupkan film ke dalam hypo apabila dalam waktu 45s sudah bening, maka waktu fixing nanti adalah 90s. Fixer Hypo sendiri bisa menjadi basi.

 

By |2018-11-21T10:35:25+00:00November 21st, 2018|Photography|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

[+] kaskus emoticons

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.